Ledakan Bom Tewaskan Tentara di Lembah Swat

Minggu, 29 Juni 2008 13:36 WIB

PESHAWAR–MI Satu ledakan bom, Minggu (29/6), menewaskan seorang tentara dan melukai beberapa lainnya di lembah Swat di baratlaut Pakistan yang bergolak, kata pihak militer.Tentara tersebut sedang melakukan patroli rutin di desa Ronial ketika satu bom yang ditaham oleh orang-orang yang diduga kelompok militan pro-Taliban meledak di pinggir jalan, kata seorang jurubicara militer setempat kepada AFP.
“Seorang tentara tewas dan lainnya cedera,” kata pejabat itu menambahkan. Pemerintah telah menandatangani kesepakatan perdamaian dengan kelompok militan di lembah Swat pada Mei lalu, dan mereka setuju untuk secara perlahan menarik tentara-tentara mereka serta memperkenalkan sistem hukum Islam.
Dalam pertukaran, para pemberontak mengatakan bahwa mereka akan menghentikan serangan-serangan dan akan menyerahkan senjata-senjata mereka.
Angkatan bersenjata Pakistan melancarkan serangan besar-besaran pada Oktober lalu, untuk membersihkan pegunungan Swat dari kelompok militan yang loyal kepada Maulana Fazlullah, ulama radikal pro Taliban yang memimpin aksi pemberontakan dan mendesakkan berlakunya hukum Syari’ah Islam di lembah itu.

Sementara itu, pasukan Pakistan, mendesak dengan melakukan serangan anti militan di distrik sabuk suku Khyber, di dekat perbatasan Afghanistan. Operasi tersebut adalah untuk pertama kalinya dilakukan oleh pemerintah baru sejak mereka mulai bernegosiasi dengan kelompok militan Taliban, setelah pemilihan umum pada Februari lalu.

Meskipun demikian, para pejabat mengatakan bahwa yang ditargetkan serangan pemberontak adalah panglima perang, Mangal Bagh, yang menjalin hubungan secara tidak langsung dengan
Taliban. (Ant/OL-01)
Media Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: