Enam Orang Tewas Setelah Minum Minuman Keras

Rabu, 9 Juli 2008 | 03:00 WIB

Medan, Kompas – Sebanyak enam warga Desa Lolowau, Kecamatan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, tewas setelah menenggak minuman keras bercampur aneka bahan minuman. Mereka diduga keracunan setelah mengonsumsi minuman secara berlebihan. Dua warga lain dikabarkan kritis.

“Kami semua tidak menyangka bisa begini. Warga yang minum mati beruntun dalam waktu dekat. Sudah biasa orang minum pada saat pesta, tetapi orang meninggal karena minuman ini kejadian pertama di tempat kami,” kata tokoh masyarakat Lolowau, Ama Viktor Waruwu, yang dihubungi dari Medan, Selasa (8/7).

Dia mengatakan, warga membeli minuman keras itu di kedai sekitar mereka untuk meramaikan pesta pernikahan seorang kerabat di Lolowau.

Mereka yang meninggal antara lain Memiorius Bu’ulolo (33), Welfrim Bu’ulolo (38), Faigizaro Bu’ulolo (45), Paustinema Giawa (45), Pelita Halawa (30), dan Yanuaeli Luru (35).

Saat pesta di akhir Juni itu belum ada tanda-tanda membahayakan. Namun, beberapa hari setelah pesta warga yang minum muntah darah dengan suhu tubuh tinggi. Hari Jumat (27/6) Memiorius meninggal dunia. Warga lalu menggelar pesta kematian Memiorius. Sebagian dari mereka menenggak minuman yang sama.

Selanjutnya hari Rabu (2/7) duka kembali menyapa Lolowau. Kali ini Welfrim, Faigizaro, dan Paustinema meninggal dunia. Pada 3 Juli, korban berikutnya jatuh, Yanueli, dengan penyebab yang sama. Lalu disusul Pelita pada 4 Juli. Dua orang dalam keadaan kritis atas nama Fatigiduru Bu’ulolo (70) dan Amayeni Luru (28). Mereka kini dirawat pihak keluarga. (NDY)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/07/09/00175758/enam.orang.tewas.setelah.minum.minuman.keras

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: