Bom Bunuh Diri Afghanistan Tewaskan 18 Orang

Senin, 14 Juli 2008 05:31 WIB

 

KANDAHAR–MI: Seorang penyerang membenturkan sebuah mobil yang membawa bahan-bahan peledak ke sebuah kendaraan polisi di sebuah pasar di Afghanistan selatan, Minggu (13/7), menewaskan paling tidak 18 orang,Lima dari mereka yang tewas di provinsi Uruzgan itu adalah polisi dan sisanya warga sipil, kata kepala kepolisian provinsi itu Juma Gul Hemat. “Sekitar 18 sampai 20 orang tewas dan lebih dari 35 lainnya cedera. Jumlah itu kemungkinan akan bertambah ,” katanya.

Kendaraan polisi itu hancur dalam serangan di daerah Deh Rawood, sekitar 400km barat daya Kabul. “Bom itu ditujukan terhadap sebuah kendaraan polisi di tengah pasar itu,” kata penduduk lokal Abdul Habib kepada AFP. “Banyak orang tewas dan cedera.”

Tidak ada segera pernyataan bertanggungjawab atas ledakan bom itu tetapi serangan-serangan yang sama dilakukan gerilyawan Taliban, yang memimpin aksi perlawanan terhadap pemerintah Kabul sejak kelompok itu digulingkan dari pemerintah tahun 2001.

Ledakan itu terjadi kurang dari seminggu setelah satu bom bunuh diri di kedubes India di Kabul menewaskan lebih dari 40 orang termasuk empat warga India, dua di antara mereka adalah diplomat senior.

Serangan bom di Kabul itu adalah serangan bunuh diri yang paling banyak menimbulkan korban jiwa di ibukota itu sejak pemerintah Taliban digulingkan.

Hampir 70.000 tentara internasional digelar di Afghanistan untuk membantu pemerintah menumpas aksi perlawanan tetapi aksi kekerasan meningkat , dengan pihak gerilyawan menggunakan serangan-serangan bunuh diri.

Serangan-serangan bom itu sering ditujukan ke pasukan keamanan tetapi membunuh lebih banyak warga sipil. (Ant/OL-2)

 

 

Media Indonesia
News Page
Front Page

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: