Taliban Bunuh 9 Serdadu AS

Senin, 14 Juli 2008 | 04:26 WIB

KABUL, SENIN – Serangan bertubi-tubi atas sebuah markas pasukan AS yang kecil dan di luar kota menewaskan sembilan serdadu AS dan melukai 15 lainnya, Minggu (13/7). Serangan Taliban ini tergolong paling mematikan dalam tiga tahun terakhir.Serangan itu terjadi pada hari yang sama ketika sebuah bom bunuh diri dengan target patroli polisi menewaskan 24 orang. Sementara itu, militer AS dan Afghanistan mengaku telah membunuhn 40 orang militan di kawasan selatan.

Serangan itu terjadi subuh sekitar pukul 04.30 pada sebuah pos di desa Wanat, provinsi Kunar, tak jauh dari perbatasan dengan Pakistan. Serangan itu berlangsung sangat lama dan selesai menjelang sore.

Kaum militan melancarkan serangan dengan senapan mesin, granat berpeluncur roket dan mortir yang ditembakkan dari rumah-rumah dan masjid di desa itu. Akibatnya sembilan pasukan AS tewas dan belasan lainnya luka.

NATO membenarkan bahwa sembilan serdadunya tewas dan 15 lainnya luka. Empat serdadu Afghanistan juga luka. “Meski tidak ada penilaian akhir yang dibuat, kami yakin para penyerang juga kehilangan anggota cukup besar dalam pertempuran beberapa jam itu,” kata NATO dalam pernyataannya.

 

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/14/04265161/taliban.bunuh.9.serdadu.as

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: