110 Orang Tewas Terkena Flu Burung

Senin, 14 Juli 2008 07:29 WIB

 

PEKALONGAN–MI: Selama akhir Juni 2005 hingga 31 Mei 2008 tercatat 135 orang terkena penyakit flu burung, dan 110 orang (81,4 persen) di antaranya meninggal dunia.

“Sejak ditemukan kasus flu burung pada 2003 hingga 2008, telah menimbulkan dampak jutaan unggas mati dan 110 penderita meninggal dunia,” kata Kepala Badan Informasi Publik, Suprawoto dalam acara pembukaan “Dialog Interaktif Melalui Pagelaran Wayang Kulit” di Pekalongan, Minggu (13/7) malam.

Menurut Suprawoto, mewabahnya flu burung yang diidentifikasi sebagai penyebab meninggalnya ratusan orang telah menimbulkan kepanikan bagi masyarakat karena jenis penyakit ini bisa menular dan mengancam kesehatan manusia.

Meluasnya kasus penyakit yang berbahaya tersebut, kata dia, menyebabkan pemerintah menetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) dan berusaha untuk menanggulanginya.

“Pemerintah tidak menginginkan pandemi flu burung terjadi di Indonesia dan berusaha melindungi dari bahaya pandemi influenza,” katanya.

Namun, dia mengatakan, pemerintah tidak mungkin memberantas penyakit itu secara maksimal tanpa adanya kerja sama dengan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif mencegah meluasnya penyebaran flu burung.

“Oleh karena itu, Badan Informasi Publik Departemen Komunikasi dan Informatika berinisiatif melakukan dialog interaktif melalui pagelaran wayang kulit di Kota Pekalongan,” katanya.

Ia mengatakan, pencegahan dan penanggulangan flu burung di Indoensia dapat dilakukan beberapa langkah, antara lain meningkatkan kemitraan antara beberapa pihak dan membangun komunikasi dengan masyarakat.

Langkah komunikasi tersebut, kata dia, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga perlu melibatkan tokoh masyarakat, media massa, organisasi pemuda, organisasi wanita, mahasiswa, pramuka, karang taruna, dan kelompok tradisional.

“Melalui komunikasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat dapat ditingkatkan dalam upaya mencegah pandemi flu burung,” katanya. (Ant/OL-2)

 

http://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: