Dua Bom Bunuh Diri Tewaskan 23 Orang

Selasa, 15 Juli 2008 15:46 WIB

 

BAQUBA–MI: Serangan bom bunuh diri kembali mengguncang Irak. Selasa (15/7), dua orang melakukan serangan bom bunuh diri dan menewaskan sedikitnya 23 orang dan melukai 68 lainnya.

Menurut pihak keamanan, serangan terjadi di markas angkatan darat Irak, Al-Saad, di timur kota Baquba, Provinsi Diyala. Dua pelaku meledakan bom yang dililitkan di badan. Serangan dilakukan di antrean orang yang akan mendaftar menjadi tentara. Menurut seorang petugas keamanan, salah satu pelaku mengenakan seragam tentara Irak dan seorang lagi menggunakan pakaian sipil.

“Saat itu sekitar 30 orang sedang berdiri di pintu masuk. Saat menunggu namanya dipanggil, tiba-tiba terjadi ledakan besar,” ungkap Falah Ali Hussein, 17, salah satu korban luka dalam serangan ini.

Di Provinsi Diyala, terutama ibukota Baquba, merupakan daerah paling berbahaya di Irak. Di wilayah ini sering terjadi serangan bom bunuh diri, termasuk yang dilakukan para perempuan dan juga serangan bom mobil.

“Kami akan segera melakukan operasi besar-besaran di Diyala. Ini akan menimbulkan pertempuran dan tidak akan berjalan dengan mudah,” unglap juru bicara kementerian dalam negeri Irak, Mayjen Abul Karim Khalaf.

Sejak munculnya pertikaian antara kelompok Sunni dan Syiah di Irak tahun 2006, Diyala menjadi saksi mata beberapa serangan mematikan. Serangan kali ini merupakan yang paling mematikan ketiga dalam satu bulan terakhir.

17 Juni lalu, sebuah bom mobil meledak dan menewaskan 51 orang di sebuah pasar di Baghdad. Sedangkan pada 27 Juni, 25 orang tewas, termasuk tiga marinir Amerika, dalam serangan bom bunuh diri meledak di Provinsi Anbar.

Dalam serangan bom lainnya, Menteri Kelistrikan Irak, Karim Wahid lolos dari maut. Wahid lolos dari serangan bom yang diletakan di pinggir jalan di ibukota Irak, Baghdad.

Serangan yang terjadi di distrik Zayuna ini menghantam konvoi kendaraan Wahid dan melukai tiga orang pengawalnya. Wahid sendiri tidak mengalami cedera apapun dalam serangan ini. (Rtr/AFP/OL-06)

 

http://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: