Empat Orang Tewas dalam Bentrok dengan TNI dan Polri di Aceh

Selasa, 15 Juli 2008 22:53 WIB
Penulis : Shanty M Sibarani
JAKARTA–MI: Sebanyak empat orang anggota kelompok bersenjata Aceh tewas dalam pertempuran sengit  dengan  TNI dan Polri di Kutabate, Kecamatan Beutong, Napanraya, Aceh, Selasa (15/7). Selain empat orang  tewas,  operasi gabungan ini juga  menangkap seorang tersangka anggota kelompok bersenjata Aeh dan menyita empat pucuk senjata api laras pendek. Kapolda Nanggroe Aceh Darussalam Irjen Rismawan saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu.

Sementara itu, Wakapolda NAD Brigj Fadjar Prihantoro membenarkan 4 tewas dan 1 ditangkap. ”Sebenarnya ada 6 tersangka. Namun yang seorang lagi melarikan diri,”  ujar Fadjar.

Dikatakannya, operasi gabungan ini dilaksanakan atas informasi masyarakat. Dalam keterangannya, masyarakat menyatakan ada sekelompok lelaki bersenjata api, yang bersembunyi di Pesantren Kutabate. Keberadaan lelaki bersenjata itu meresahkan masyarakat dan masyarakat meminta agar dilakukan penangkapan.

“Kami lalu berkoordinasi dengan TNI. Kemudian anggota Intel TNI dan Polri melakukan penyelidikan ke sana,” ujar Fadjar.

Setelah dicek, informasi itu ternyata benar. Maka dilakukan penyergapan, Selasa (15/7) sore. Saat penyergapan, terjadi tembak menembak. “Anggota kelompopk bersenjata yang tewas empat orang. Dari TNI dan Polri maupun masyarakat sekitar, Alhamdullilah, selamat dan tidak ada yang terluka,” ujar Fadjar.

Walau begitu, seorang tersangka melarikan diri ke Aceh Selatan. “Sekarang kita melakukan pencarian terhadap tersangka yang buron,” ujar Fadjar. (San/OL-03)

 

 

 

 

 

Media Indonesia

One Response to “Empat Orang Tewas dalam Bentrok dengan TNI dan Polri di Aceh”

  1. forthesakeofneverendinglove Says:

    Ketanggapan pihak TNI dan Kepolisian atas keresahan masyarakat memang diperlukan. Begitu pula bagaimana masyarakat itu sendiri tanggap pada lingkungan dan kesejahteraan kehidupan disekitarnya, atau paling tidak berpengetahuan pada bagaimana mengantisipasi pada suatu hal yang tidak sesuai pada kehidupan normal pada umumnya.

    Tentu ada hal yang sangat penting beriringan dengan kondisi diatas; informasi. Informasi yang benar akan sangat membantu kelancaran tindakan dan tidak merugikan pihak-pihak yang sebenarnya tidak terkait.

    Tidak seluruh masyarakat paham atau mengerti tentang hal ini. Ada 2 hal yang mungkin dapat menjadi lebih efektif bagi masyarakat pada umumnya:

    1. mempelajari dan mengerti semua hal yang berhubungan dengan informasi

    2. kesadaran masyarakat untuk bekerjasama dan disiplin pada lingkungan dan kesejahteraan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: