Hingga Juli, 37 Tewas Dalam Laka Lantas

16 Juli 2008 05:49:03

50 Persen Karena Mabuks

JAYAPURA-Hingga pertengahan Juli 2008, menrutu data yang ada di Polresta Jayapura tercatat telah terjadi 34 kasus kecelakaan lalulintas atau laka lantas. Dari 34 kasus laka lantas tersebut 37 orang dilaporkan meninggal dunuia, 9 luka berat, 16 luka ringan serta kerugian mencapai Rp.170 juta lebih.

Wakapolresta Jayapura Kompol Paru Andreas SH didampingi Kasat Lantas AKP Raydian Kokrosono SIK menjelaskan bahwa secara keseluruhan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polresta Jayapura pada periode Januari-Juli 2008 cenderung mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2007.

“Data tahun 2007 tercatat sedikitnya 43 kasus kecelakaan, dimana mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 38 orang, luka berat sebanyak 19 orang dan luka ringan sebanyak 15 orang dengan kerugian mencapai Rp 209 juta lebih. Sedangkan, periode Januari-Juli 2008, tercatat 34 kecelakaan dengan jumlah korban meninggal 37 orang, luka berat 9 orang dan luka ringan 16 orang serta kerugian mencapai Rp 170 juta lebih,”ungkapnya saat ditemui Selasa (15/7) di ruang kerjanya.

Dari kecelakaan yang terjadi menurut Wakapolresta Paru Andreas, lebih banyak disebabkan karena pengaruh minuman keras yang mencapai 50 persen, disusul karena kurang hati-hatinya pengendara kendaraan.

Meski mengalami sedikit penurunan namun polisi menurutnya tetap berupaya keras untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas tersebut. Untuk itu Polresta terus mensosialisasikan program safety riding kepada pengguna jalan, termasuk menyalakan lampu pada siang hari. Selain itu tetap memberikan penyuluhan tentang lalu lintas kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas dan melakukan razia rutin baik stasionary maupun hunting.

“Kami juga selalu menghimbau kepada pengendara atau pengemudi agar jangan mengendarai dalam keadaan mabuk atau dipengaruhi minuman keras dan dalam keadaan mengantuk, karena selain dapat membahayakan diri sendiri juga membayakan keselamatan orang lain,” paparnya.

Wakapolresta menambahkan memang upaya pihak kepolisian dalam hal ini Satuan Lalu Lintas Polresta Jayapura terus mengajak kepada masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas, namun jika tanpa kesadaran masyarakat sendiri tentu hasilnya tidak akan maksimal. “Memang upaya kami maksimal, namun tanpa ada kesadaran masyarakat tentu akan sia-sia saja dan banyak lagi jatuh korban,” tandasnya. (bat)

 

Cenderawasih Pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: