Dukun Usep Telah Dieksekusi

Sabtu, 19 Juli 2008 | 00:36 WIB

LEBAK, SABTU – Tubagus Yusuf Maulana atau yang lebih dikenal dengan nama Dukun Usep, terpidana mati kasus pembunuhan berencana, akhirnya dieksekusi regu tembak Brigade Mobil (Brimob), Jumat (18/7) sekitar pukul 22.30 WIB.

Eksekusi dilakukan di sebuah hutan di daerah Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten. Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Lari Gau Samad, Usep tewas setelah 10 menit ditembak dengan tiga peluru di tubuhnya. Setelah diputuskan tewas, jenazah Usep diotopsi di Puskesmas Cimarga, lalu dibawa ke rumah keluarganya di Cikareo, Kecamatan Cileles, Lebak, Banten, untuk dimakamkan.

Usep divonis mati Pengadilan Negeri Rangkasbitung pada 10 Maret 2008 karena terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana terhadap delapan orang yang ingin menggandakan uang melalui bank gaib. Para korban mengenal Usep sebagai seorang dukun yang mampu menggandakan uang. Namun, mereka akhirnya dihabisi Usep bersama lima rekannya.

Pembunuhan terhadap delapan pasiennya itu melalui upacara ritual dengan memberi minuman beracun. Ritual dan minuman itu diyakini korban dapat menggandakan uang. Pembunuhan dilakukan sebanyak dua kali, yakni pada 17 Mei 2007 sebanyak lima orang dibunuh, dan pada 19 Juli 2007, tiga korban kembali dibunuh.

Ritual yang harus dilakukan adalah dengan menyuruh para korban menggali lubang yang sudah disiapkan oleh Usep. Setelah penggalian tanah, korban diberi minuman racun yang warnanya hitam. Pembunuhan itu dilakukan untuk menguasai uang yang disyaratkan pelaku karena setiap korban harus menyediakan uang Rp 20 juta. Terungkapnya kasus pembunuhan ini bermula dari laporan keluarga korban, Dewi (30), dan anaknya, St (18), ke Polres Lebak bahwa Dewi kehilangan suaminya selama tiga hari. (NTA)

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/19/00363446/dukun.usep.telah.dieksekusi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: