Pembawa Acara ‘Meet The Press’ NBC Meninggal

14 Juni 2008 15:52 WIB

REUTERS

NEW YORK–MI: Pembawa acara program wawancara Meet the Press di stasiun televisi NBC yang juga kepala biro program berita stasiun televisi AS itu, Tim Russert, meninggal dunia pada Jumat (113/6) waktu setempat, di Washington setelah terkapar tak sadarkan diri di kantornya.

Russert, yang baru-baru ini tiba dari Italia setelah bersama keluarga merayakan kelulusan puteranya dari Boston College, pada Jumat tiba-tiba ambruk ketika sedang melakukan pengisian suara untuk penyiaran acara Meet the Press yang ditayangkan Minggu, demikian menurut keterangan dari pihak NBC News dan MSNBC.

Ia menghembuskan nafas terakhir dalam usia 58 tahun.Russert sebelumnya disebut-sebut meninggal karena serangan jantung.

Secara lebih rinci, The New York Times yang mengutip pihak NBC melaporkan bahwa pembawa acara terkemuka AS itu meninggal karena mengalami penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung.

Kematian Russert sendiri dimumkan oleh Tom Brokaw, pembawa acara NBC Nightly News.

Brokaw menyatakan bahwa rekannya itu merupakan salah satu wartawan sekaligus analis politik pertama di eranya.

Oleh Majalah Time, Russert tahun 2008 dinobatkan sebagai salah seorang paling berpengaruh di dunia.

Demikian pentingnya Russert, Presiden AS George W Bush memberikan pernyataan menyusul adanya pengumuman soal meninggalnya Russert.

Dalam pertanyaannya, Bush menyebut Russert sebagai sebuah lembaga pemberitaan dan politik yang sudah berjalan selama dua dekade.

Meet the Press merupakan program wawancara dengan berbagai pertanyaan tajam dan karenanya sering dianggap sebagai salah satu bahan penting untuk melihat kualitas para politisi AS.

Russert mulai memandu acara tersebut sejak tahun 1991.

“Kalau seseorang bisa lulus tes Tim Russert, berarti orang yang bersangkutan memang bisa berbuat sesuatu di bidangnya,” kata Howard Fineman, koresponden senior majalah Newsweek di Washington yang juga kolumnis untuk MSNBC.com.

Menurut NBC dan MSNBC, kegigihan Russert sebagai reporter dan ketertarikannya yang mendalam terhadap dunia politik sangat terlihat jelas di saat-saat ia mengudara selama berjam-jam pada malam-malam pemilihan calon pemimpin AS.

Selain menjadi pembawa acara, di NBC Russert menduduki posisi sebagai wakil presiden dan juga bertanggung jawab memimpin keseluruhan operasi pemberitaan stasiun televisi tersebut di Washington.

Sebelum memasuki dunia jurnalistik, Russert yang lulusan John Carroll University dan Cleveland-Marshall College of Law, pernah bekerja sebagai anggota staf Senat AS.

Ia antara lain pernah bergabung dengan tim kampanye untuk senator Demokrat asal New York Patrick Moynihan tahun 1976 dan tahun 1982 menjadi anggota tim kampanye Mario Cuomo yang bertarung menjadi gubernur New York.

Russert yang kelahiran Buffalo, New York, 7 Mei 1950 itu, bergabung dengan NBC News tahun 1984.

Bulan April 1985, ia menjadi salah satu sosok kunci yang bertanggung jawab untuk melaksanakan program siaran langsung Today Show NBC dari Roma, Italia.

Guna kepentingan acara tersebut, ia melakukan negosiasi serta mengurus berbagai hal rinci untuk memunculkan Paus Johanes Paulus II di acara NBC, yang saat itu merupakan pemunculan paus yang pertama kalinya di televisi-telivisi seantero Amerika Serikat.

Sepanjang tahun 1986 dan 1987, Russert memimpin siaran NBC News dari Amerika Selatan, Australia dan China. (Ant/OL-01)

http://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: