Tujuh Tewas, Enam Hilang

Sabtu, 19 Juli 2008

 

Badai Tropis Kalmaegi Amuk Taiwan

Taipei – Kuatnya empasan badai tropis Kalmaegi yang melepaskan hujan lebat disertai tiupan angin kencang di Taiwan, membuat tujuh nyawa melayang dan enam orang hilang. Gadis cilik usia satu tahun dan pamannya yang masih remaja tewas, sementara sang ibu dalam keadaan hamil mengalami cedera ringan setelah rumah mereka di Kabupaten Kaohsiung dihantam tanah longsor, Kamis (17/7) malam.

“Peristiwa itu berlangsung begitu cepat. Saya tak memiliki kesempatan untuk menyelamatkan mereka,” papar wanita ini kepada ERA News setelah diterbangkan menuju lokasi aman, Jumat (18/7) kemarin.

Di wilayah Taichung, Taiwan Tengah, seorang kapten AD jatuh ke dalam selokan cukup dalam juga karena cuaca buruk dan ia tenggelam. Enam orang hilang di Taiwan Selatan dan Tengah, termasuk pasangan yang diselamatkan setelah boat mereka tenggelam.

Badai mengamuk 70 km arah timur Pulau Matsu sekitar pukul 14.30 siang dengan kecepatan angin mencapai 83 km/jam. Level Kalmaegi diturunkan dari topan menjadi badai tropis saat menerpa areal pesisir Kamis malam.

Tayangan televisi memperlihatkan penduduk di berbagai wilayah Taiwan Selatan dan Tengah berjuang melawan banjir. Beberapa ruas jalan tertutup atau rusak karena hujan lebat.

Baik kantor dan sekolah-sekolah di beberapa kabupaten tengah tutup, sementara 3.600 nelayan mencari keselamatan di pelabuhan. Badai juga mengacaukan lalu lintas darat dan udara. Banyak pelayanan kereta api mengalami pembatalan dan 20 penerbangan lokal maupun internasional ditunda atau dibatalkan.

Kalmaegi juga merusak ladang-ladang pertanian, dan tingkat kerugian di sektor ini diperkirakan mencapai 111 juta dolar Taiwan (3,65 juta dolar AS). (ton/afp)

 

http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=kategori&kid=5&id=Mancanegara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: