Dua Bus Meledak, Tiga Tewas 18 Terluka

Senin, 21 Juli 2008 18:04 WIB

BEIJING–MI: Sedikitnya tiga orang meninggal dan 18 orang lainnya mengalami cedera dalam tiga peristiwa ledakan yang terpisah di kendaraan bus umum di kota di wilayah barat daya China, Kota Kunming, demikian dilaporkan oleh media massa setempat.

Polisi mengumumkan dalanm pernyataan dugaan pertama mereka bahwa dua ledakan pertama terjadi begitu saja secara spontan namun media massa setempat mengatakan sejumlah bukti adanya alat maupun bahan-bahan peledak ditemukan di dalam bus-bus tersebut.

Pihak pemerintah daerah di Yunnan dengan ibu kota Kunming telah memerintahkan aparatnya untuk memperketat keamanan dengan melakukan patroli dan mendirikan pos pemeriksaan guna menghindari sejumlah pengacau melarikan diri,” demikian dilaporkan oleh oleh kantor berita nasional China, Xinhua.

Xinhua mengatakan bahwa pasukan penjaga wilayah perbatasan telah memperketat sistem keamanan di semua pintu keluar dan masuk dfi Yunnan yang berbatasan dengan Myanmar, Laos, dan Vietnam.

Dua ledakan telah mengenai 54 bus di wilayah berbeda di Kunming Senin pagi dengan laporan ledakan pertama dilaporkan pada pukul 07:00 waktu setempat dan ledakan kedua terjadi selang sejam kemudian.

Sedikitnya seorang tewas dan 10 lainnya terluka pada peristiwa ledakan pertama, sementara pada ledakan kedua sedikitnya satu orang trewas dan empat lainnya cedera.

Surat kabar yang berkantor pusat di Kunming, Shenghuo Xinbao mengatakan salah satu orang yang terluka telah meninggal dunia di rumah sakit Senin ini.

Ledakan ketiga membuat sedikitnya empat orang mengalami luka-luka, demikian dilaporkan oleh harian tersebut.

Umumnya ledakan yang terjadi di wilayah itu adalah bom waktu.

Surat kabar lainnya memperlihatkan foto dan video dari kerusakan jendela dan bagian depan sebuah bus. (DPA/Ant/OL-03)

http://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: