Tabrakan Tewaskan 6 Orang

 

Monday, 21 July 2008

LAHAT (SINDO) – Enam orang tewas akibat tabrakan antara bus Famili Raya BH 7769 FU dan mobil Kia Carnival BG 8615 LT di Desa Tanjung Telang,Merapi Barat,Sumsel,kemarin.


Pada kecelakaan itu 31 penumpang yang lain mengalami luka-luka.Agus Widodo, salah seorang penumpang bus Famili Raya mengatakan mereka berangkat dari Jambi menuju Jakarta dari arah Kota Lahat. “Mereka (kru bus) baru saja melakukan pergantian. Lepas dari itu,tak lama kemudian terjadi tabrakan,” katanya.

Hingga kemarin, identitas pengemudi bus belum diketahui karena masih dalam perawatan medis. Secara berlawanan, bus dan mobil Kia Carnival bertabrakan. Kia,yang dikemudikan Budi Haryadi, 25, membawa Darwin Sihombing, 32, dan keluarga. Darwin adalah warga Villa Citra Bogor yang hendak menuju Medan.

“Entah apa sebabnya kedua mobil tersebut bertabrakan,”lanjut Agus. Akibat benturan kedua kendaraan itu, bagian depan hingga atap mobil Kia Carnival milik Darwin rusak parah. Bus yang mengangkut 33 penumpang itu selain bagian depannya ringsek,keluar dari jalur sebelah kiri jalan dan menabrak bangunan rumah panggung milik Abransyah yang berdekatan dengan lokasi kejadian. Bagian depan bus itu sempat terbakar dan mengeluarkan asap.

Asal api diperkirakan dari alat pendingin (AC) yang meledak. Penumpang tidak bisa langsung keluar dan sempat terjebak di dalam bus dengan asap mengepul. Akibatnya, beberapa penumpang mengalami sesak napas dan harus diberi oksigen oleh perawat, ada pula penumpang yang tidak bisa membuka matanya karena perih.

Warga setempat yang mengetahui tabrakan langsung memberikan pertolongan. “Banyak orang yang langsung menolong kami. Setelah kaca jendela kami pecahkan, baru bisa keluar bus,”kata Slamet, warga setempat. Warga dan polisi butuh waktu hampir 2 jam untuk mengeluarkan korban yang terjepit badan mobil Kia Carnival itu.

Akibat kejadian tersebut lima orang meninggal di lokasi. Empat di antaranya penumpang Kia Carnival,yakni Budi Haryadi,pengemudi yang beralamat Jalan Pembangunan Kawi,Bogor; Ria Sihombing, 25,mahasiswi beralamat Perumahan Villa Citra Blok C, Bogor; Yohanes, 1,5; dan Eta, 25, yang merupakan keluarga Darwin.

Adapun 2 orang penumpang bus Famili Raya yang meninggal adalah Deni, 21,warga Kampung Cijuhung, Desa Rawa Lele,Subang,Jawa Barat; dan Sutini bin Tukiman, 30,warga Muarabungo,Jambi, meninggal di RS DKT Lahat. Darwin Sihombing dan istrinya,Ning Sunarti,32,serta anaknya yang masih berusia tiga bulan Claudia Veronika diketahui selamat, tetapi 31 penumpang bus yang lain mengalami luka berat dan ringan.

Mereka kini menjalani perawatan intensif di RSD Lahat dan RS DKT Lahat.Bus nahas masih berada di lokasi kejadian, sedangkan mobil Kia Carnival yang rusak parah diangkut ke Polres Lahat. Polres Lahat masih menyelidiki penyebab kecelakaan yang merenggut korban jiwa tersebut.

Sementara barang bawaan korban sudah diamankan polisi. Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lahat AKP H Hadi Suseno mengaku masih menyelidiki penyebab tabrakan itu dan meminta keterangan para saksi dan korban.

“Barang-barang korban sudah diamankan, sedangkan korban yang luka-luka ringan untuk sementaraberada diperwakilan bus itu di sebuah rumah makan,” beber Hadi Kepala perwakilan Jasa Raharja Lahat Kusnandar menyatakan siap menanggung semua biaya pengobatan dan santunan bagi korban meninggal sebesar Rp25 juta per orang, baik penumpang bus maupun mobil pribadi,sesuai Undang-Undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964. (adi sulistyono)

 

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/nusantara/tabrakan-tewaskan-6-orang-2.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: