Seluruh Awak B-52 AS Tewas dalam Kecelakaan di Guam

Kamis, 24 Juli 2008 | 04:32 WIB

MANILA, RABU – Enam orang awak di dalam pesawat pengebom B-52 AS yang jatuh ke Lautan Pasifik di lepas pantai Guam awal pekan ini dilaporkan tewas. Demikian pernyataan resmi yang diumumkan Angkatan Udara AS, Rabu (23/7).Pengebom jenis B-52H Stratofortress itu jatuh pada Senin (21/7) lalu sekitar pukul 9.45 di lepas pantai barat laut Guam. Pesawat jatuh ketika dalam perjalanan untuk mengambil bagian dalam pertunjukan udara dalam parade memperingati Hari Pembebasan di Guam. Wilayah yang berada di bawah kekuasaan AS sejak 1898 itu memperingati tanggal 21 Juli sebagai hari pembebasan dari pasukan Jepang dalam Perang Dunia II pada 1944.
 
Pesawat pembom yang tidak membawa senjata itu jatuh sekitar 15 menit sebelum parade dijadwalkan dimulai. Belum ada pernyataan mengenai penyebab kecelakaan itu. Angkatan Udara AS mengatakan, sebuah dewan perwira sedang menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat tersebut.
Dalam penyataannya di Manila, pihak Angkatan Udara AS melaporkan mayat dua orang awak telah ditemukan. Tim pencari kini mengalihkan perhatian mereka dari upaya penyelamatan ke penemuan mayat awak yang lain.
Kecelakaan pesawat milik AS ini adalah yang kedua pada tahun ini terjadi di dekat wilayah AS di Pasifik barat laut. Pada Februari lalu, sebuah pesawat pembom siluman B-2 jatuh di pulau Pasifik ini setelah lepas landas dari Andersen, tetapi para awaknya selamat.

Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: