8 Tewas Dalam Serangan Bom bunuh Diri di Irak

Jumat, 25 Juli 2008 | 03:33 WIB

BAQUBA, JUMAT – Delapan orang tewas dan 20 lain cedera Kamis dalam serangan bom bunuh diri yang dilakukan seorang wanita terhadap patroli Sahwa (Kebangkitan) di Baquba, Irak timur. Serangan itu terjadi di daerah pusat New Baquba dan ditujukan pada patroli Sahwa pasukan Irak — eks-gerilyawan yang direkrut untuk memerangi Al-Qaeda di Irak dan dibayar oleh militer AS.

Salah satu korban tewas adalah pemimpin Sahwa setempat Naim Al-Dulaimi, kata polisi, sementara sumber-sumber medis mengatakan bahwa wanita dan anak-anak termasuk diantara mereka yang cedera. Kelompok Kebangkitan, yang anggota-anggotanya dibayar 300 dolar per bulan oleh militer AS, memberikan kontribusi bagi penurunan tingkat kekerasan di Irak dalam beberapa bulan ini.

Namun, Provinsi Diyala yang beribukotakan Baquba tetap menjadi salah satu kawasan paling berbahaya di Irak. Di Diyala lah fenomena penyerang bom bunuh diri wanita pertama kali muncul. Beberapa sumber militer telah mengisyaratkan bahwa pasukan Irak siap meluncurkan ofensif besar-besaran yang melibatkan 30.000 orang di provinsi Diyala, yang kini masih menjadi sebuah benteng Al-Qaeda di Irak.

Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: