Identitas Korban Terungkap

Thursday, 24 July 2008

JAKARTA (SINDO) – Mayat pria dalam koper yang dibuang di Danau Sunter 1, Jalan Danau Sunter Selatan,Jakarta Utara, berhasil diidentifikasi.


Menurut Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Utara Komisaris Besar (Kombes) M Rum Murkal, korban bernama Bambang Sapto Nugroho, 50,warga Kompleks Deplu Cipadu Jaya,Larangan Jurangmangu, Tangerang, Banten. Identitas korban yang mempunyai gelar doktorandus (drs) ini diperkirakan dibunuh lebih dari satu orang.

Berdasarkan pemeriksaan sementara, pria nahas tersebut dimasukkan ke koper dan dibuang dalam keadaan hidup.Korban sebelumnya dipukul dengan benda tumpul di kepalabagianbelakang.”Hasil sementara korban tewas karena terendam,paru-paru dipenuhi air danau,”tutur Kombes M Rum Murkal kemarin.

Korban juga tidak dieksekusi di lokasi penemuan,tapi di tempat lain yang belum diketahui lokasinya.Korban diduga tewas 12 jam setelah ditemukan Lasno, 26, dan Eeng,25,yang masih diperiksa sebagai saksi. Seperti diberitakan sebelumnya, sesosok mayat pria dalam koper ditemukan di Danau Sunter 1, Jalan Danau Sunter Selatan,Rabu (23/7), pukul 15.00 WIB.

Saat ditemukan terdapat tandatanda penganiayaan berupa luka lebam di seluruh tubuh korban serta mata kirinya hancur. Hasil autopsi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menyebutkan, tidak ada luka tusuk maupun kekerasan seksual di tubuh korban. Murkal menyatakan, terdapat bekas pukulan benda tumpul di kepala belakang, mata lebam, dan luka-luka memar di tubuh.

”Korban diperkirakan telah tewas pada Rabu (23/7) pukul 04.00 WIB dan ditemukan saksi pada pukul 15.00 WIB,”ungkapnya. Korban,menurut Murkal, diduga dari kalangan berada. Sebab, berdasarkan identifikasi di lapangan,saat ditemukan korban memakai sepatu pantofel cokelat merek Andrew yang hanya dapat dibeli kalangan atas.

Lalu, celana yang dikenakan bermerek Levis 501 serta koper Travel Time dalam kondisi baru. Sebelumnya, Polres Jakarta Utara serta Polsek Tanjung Priok menyebarkan 200 foto wajah korban ke kawasan Kelapa Gading dan Danau Sunter. ”Kami bekerja sama dengan Polda karena kasus ini melibatkan wilayah lain,”tuturnya.

Di tempat lain, kemarin seorang warga bernama Saipul datang ke RSCM untuk mengidentifikasi jenazah korban. Saipul menyatakan kehilangan kerabat bernama Susanto,warga Pesanggrahan Mas,Cipulir,Jakarta Selatan, yang pergi sejak Selasa (22/7). ”Hari itu dia katanya mau bertemu temannya, Steven,” ungkapnya.

Dia dan sang istri pun menyatakan kalau pria dalam kopertersebutadalahSusanto. Pasalnya, ada ciri-ciri khusus, yaitu luka di tangan kanan serta mempunyai jari tangan panjang. Susanto yang asal Magelang,Jawa Tengah,mempunyai usaha konveksi. Namun, beberapa pekan lalu tempat konveksi Susanto terbakar.

”Kuat dugaan tempat konveksinya dibakar,”ujarnya. Namun, polisi tidak gegabah memastikan bahwa korban adalah Susanto. Hingga akhirnya terungkap identitas korban sebenarnya. (neneng z/sucipto)

Seputar Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: