Pengacara Tewas di PN Jakarta Barat

Jumat, 25 Juli 2008 | 01:10 WIB

Jakarta, kompas – Ramses Pasaribu, asisten pengacara Luhut Pangaribuan (26), Kamis (24/7), tewas akibat tertimpa profil talang (terbuat dari semen) yang runtuh dari tembok Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Insiden tersebut juga mengakibatkan tiga pengacara lainnya luka-luka.

Panitia Sekretaris Pengadilan Negeri (PN) Jakbar Anshori saat dimintai konfirmasi menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi ketika Ramses dan rekan-rekannya tengah berbincang di pelataran depan lobi PN Jakarta Barat. Mereka sedang menunggu sidang.

Saat itulah, profil talang jatuh dan mengenai kepala Ramses. Ramses menderita luka serius dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelni Petamburan oleh petugas keamanan PN Jakbar. Namun, nyawa Ramses tidak tertolong. Beberapa jam kemudian, Ramses meninggal.

Insiden jatuhnya profil talang, kata Anshori, dipicu oleh getaran keras yang ditimbulkan dari pembangunan gedung di sebelah pengadilan yang sedang membangun tiang pancang.

Juru bicara Mahkamah Agung Djoko Sarwoko menambahkan, pihak pengadilan sebenarnya sudah melayangkan protes atas gangguan yang diakibatkan pembangunan tersebut.

Surat protes tersebut sudah dilayangkan pada Senin (21/7) lalu mengingat getaran itu telah mengakibatkan rusak dan retaknya beberapa bagian gedung pengadilan.

Menurut Luhut Pangaribuan, insiden jatuhnya profil talang terjadi akibat kelalaian pihak pengadilan. Ia mendapatkan informasi bahwa satu atau dua hari sebelum insiden terjadi, pihak pengadilan telah melihat retakan di bagian tersebut.

Ia sangat menyayangkan tidak adanya antisipasi dari pihak pengadilan seperti pemasangan tanda bahaya agar masyarakat menghindar dari lokasi tersebut.

“Itu, kan, tempat umum, ya. Seharusnya, pihak pengadilan memastikan bahwa tempat tersebut aman. Saya melihat adanya kelalaian pihak pengadilan karena tidak memastikan ruang publik aman,” ujarnya.

Ramses sedianya akan mengikuti sidang kasus Meruya dengan agenda pembacaan duplik. Lelaki yang baru menikah tiga bulan dengan Agatha Damayanti itu tengah menunggu sidang dimulai. Istri Ramses tengah hamil dua bulan. (ana/ong)

Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: