6 Tewas dan 50 Terluka pada Bentrokan di Lebanon Utara

26 Juli 2008 11:00 WIB

(AFP) TRIPOLI–MI: Sedikitnya enam orang tewas dan 50 lainnya mengalami cedera Jumat saat terjadi bentrokan senjata antar faksi disebuah kota yang terletak di utara Tripoli, demikian dikatakan oleh nara-sumber medis Sabtu.

Mereka yang mengalami cedera dan terluka juga merupakan korban dari bentrokan massa dari kelompok Sunni yang bermukim di distrik Bab Tibbaneh yang berhadapan dengan kelompok Alawite dari wilayah Jabal Mohsen di Tripoli.

Dalam bentrokan massal tersebut terjadi saling tembak dan pelemparan granat yang menyebabkan penduduk setempat lari meninggalkan tempat tinggal mereka.

Aksi kekerasan bentrokan antar faksi yang berkaitan dengan krisis politik di Lebanon telah meminta korban nyawa sedikitnya 19 orang dalam kurun waktu dua bulan terutama di wilayah yang dihuni kelompok Sunni.

Seorang nara-sumber militer mengatakan korban jiwa pada peristiwa Jumat termasuk seorang tentara yang terluka parah.

Bentrokan massal di Tripoli telah membayang-bayangi akhir dari konflik politik yang berakhir pahit antara kelompok Sunni yang memegang pemerintahan koalisi dan aliansi oposisi yang dipimpin oleh kelompok Hezbollah yang dekat dengan kelompok Alawit yang mendiami wilayah utara.

Aliansi oposisi membentuk pemerintahan nasional bersatu pada 11 Juli setelah berpekan-pekan berkutat membahas masalah portofolio.

Namun kini mereka masih menghadapi masalah pernyataan kebijakan pemerintah dengan isu senjata Hezbollah diantaranya.

Hezbollah yang dikatakan sebagian pihak di dukung Suriah menggunakan senjatanya dan untuk waktu yang singkat berhasil menduduki Beirut dan menggoyahkan pemerintahan koalisi pada Mei lalu.

Kelompok Alawit adalah salah satu dari kelompok Syiah dan sebagian besar berpusat di Suriah.

Kelompok ini berjumlah kecil di Lebanon namun mempunyai pengaruh politik pada pemerintahan Lebanon hingga tahun 2005. (Ant/OL-01)

http://mediaindonesia.com/


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: