Bos Gudang Garam, Rahman Halim, Meninggal

Minggu, 27 Juli 2008 | 15:13 WIB

SURABAYA, MINGGU – Bos PT Gudang Garam, Rahman Halim (61), meninggal dunia dalam perawatan di RS Mount Elizabeth Singapura, Minggu (27/07). Salah seorang Komisaris Gudang Garam, Bintoro Tanjung, dikonfirmasi hal tersebut di Surabaya, membenarkan hal tersebut.

Presdir Gudang Garam yang merupakan anak sulung Surya Wonowidjojo (alm), pendiri pabrik rokok terbesar di Tanah Air, menurut Bintoro masuk rumah sakit di Negeri Singa sepekan lalu karena sakit jantung.

“Kalau bisa jenazah dipulangkan secepatnya, hari ini juga. Menurut rencana, pesawatnya tiba di Bandara Juanda pada 16.00. Namun, dimakamkan di mana dan kapan, saya juga masih belum tahu,” katanya.

Rachman Halim alias Tjoa To Hing lahir di Kediri pada tahun 1947. Ia mengawali karier menjadi pengawas bangunan pabrik tersebut pada tahun 1969-1983 sebelum menjabat Presdir PT Gudang Garam Kediri mulai tahun 1984. Pada tahun 2000, jabatan direktur dilepasnya dan sampai meninggal ia menjabat sebagai Presiden Komisaris.

Sebagai anak sulung, awalnya ia disuruh mengawasi perluasan pabrik, lalu diajak melihat pencampuran saus, dan diajar membedakan rasa rokok. Ikut dalam manajemen lima tahun kemudian baru pada 1984 Rachman Halim memangku jabatan Presiden Direktur.

Sementara itu, manajemen Gudang Garam di Kediri belum bersedia mengonfirmasi hal tersebut. Baik Nina maupun Slamet di bagian Humas yang biasa memberikan keterangan kepada wartawan enggan berkomentar mengenai meninggalnya bos besar mereka.

Rachman Halim beberapa kali tercatat dalam daftar orang terkaya. Forbes mencatat Rachman Halim sebagai orang terkaya keenam di Indonesia dengan nilai kekayaan sebesar 2 miliar dollar AS.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/27/15135487/bos.gudang.garam.rahman.halim.meninggal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: