Gembong Curas Tewas Didor

 

Monday, 28 July 2008

MARTAPURA (SINDO) – Gembong pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) yang kerap beroperasi di wilayah hukum Kabupaten OKU Timur ditembak mati oleh Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres OKU Timur.


Tersangka bernama Rusman alias Codet,30,warga Desa Jaya Makmur,Kecamatan Buay Madang,Kabupaten OKU Timur ini, ditembak mati setelah tujuh butir peluru menghajar tubuhnya karena tersangka berusaha kabur dan melakukan perlawanan saat disergap petugas di kediamannya pada Jumat (25/7) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kepala Polres OKUT Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yosi Hariyoso melalui Kepala Sat Reskrim Ajun Komisaris Polisi (AKP) Surachman mengungkapkan, tersangka Rusman merupakan gembong pelaku pencurian dengan kekerasan yang kerap beroperasi di wilayahKecamatanBuayMadang dan sekitarnya.

Tersangka ditetapkan sebagai buronan oleh Polres OKUT sejak 2006 silam. Menurut Surachman, setidaknya ada enam kasus perampokan yang melibatkan Rusman,di antaranya atas nama korban Santoso Bin Karman warga Kurungan Nyawa, Buay Madang,yang dirampok pada 2006 dengan kerugian Rp5 juta, sedangkan lima kasus curas lainnya ada di Polsek Buay Madang.

“Tersangka Rusman ini merupakan buron dari hasil pengembangan kasus Irul bin Efendi yang kini sudah divonis empat tahun,”ujar dia kemarin. Surachman menjelaskan, dalam aksi penangkapan tersangka, sempat terjadi aksi kejar- kejaran antara anggotanya dan tersangka yang berusaha melarikan diri ke areal persawahan.

Selain itu,tersangka sempat mengancam aparat menggunakan senjata api (senpi) dan senjata tajam (sajam) yang terhunus di tangan. Takut ada anggota yang terluka, akhirnya Surachman mengambil keputusan untuk melumpuhkan tersangka dengan tembakan sebanyak tujuh lubang,yakni di bagian dadakiri, bagianabdomenbagian kiri,pinggul bagian kanan,dan bagian punggung belakang.

Kemudian, tembakan pada paha bagian kiri belakang sehingga tembus ke depan, pada paha bagian kanan belakang hingga tembus ke depan, dan tembakan pada punggung kiri, selain terdapat juga luka lecet pada kaki kanan, serta luka lecet pada simpisis pubis bagian kiri atas tersangka.

“Kita terpaksa melumpuhkannya dengan tembakan, karena saat ditangkap,dia berusaha melukai petugas dan melarikan diri, akhirnya kita terpaksatembakdengantujuh lubang tembakan,”ucapnya. (m marzuki)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/sumatera-selatan/gembong-curas-tewas-didor-2.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: