Guru ke-100 Tewas Dibunuh

 

Sabtu, 26 Juli 2008|06:04:45WIB

Lagi, Empat Tewas di Thailand Selatan

Menurut keterangan pihak polisi, empat orang termasuk dua anggota kelompok militan separatis dan seorang guru tewas ditembak di dalam serangan terpisah di wilayah Thailand selatan yang bergolak, Jumat (25/7).



Guru Muslim berumur 30 tahun ditembak mati oleh seorang pengendara kendaraan bermotor di distrik Yarang Provinsi Pattani, Kamis (24/7) sore, pada saat dia sedang mengendari sepeda motornya.


Dia adalah guru ke-100 yang dibunuh dalam tempo empat tahun belakangan di provinsi mayoritas berpenduduk Muslim yang berbatasan dengan Malaysia itu.


Kelompok militan menargetkan para pekerja sekolah yang dikelola pemerintah, yang mereka anggap sebagai simbol pemerintah Thailand.


Seorang penduduk desa Thai berumur 63 tahun juga tewas ditembak di distrik Khok Pho di Pattani oleh pengendara kendaraan bermotor pada Kamis malam.


Di provinsi tetangganya, Narathiwat, dua anggota militan Muslim, yang keduanya dicari polisi, ditembak mati setelah terjadi bentrokan dengan pasukan keamanan di distrik Rangae, Kamis (24/7) petang.  Tujuh tersangka lainnya ditahan setelah 1.000 personel keamanan, dengan didukung sebuah helikopter militer menyerang kelompok militan selama lebih dari lima jam.


Meskipun terdapat pengakuan di televisi telah terjadi gencatan senjata oleh seseorang yang mengaku pemimpin kelompok militan pekan lalu,  namun kekerasan merebak kembali dalam beberapa hari belakangan ini. Pejabat militer juga menolak adanya gencatan senjata ini.


Lebih dari 3.300 orang tewas sejak pemberontakan separatis pecah pada Januari 2004 di wilayah selatan Thailand, yang dulunya adalah wilayah otonomi kesultanan Melayu sampai dianeksasi oleh Thailand pada 1902. Latar belakang itu yang menimbulkan ketegangan di wilayah tersebut selama berpuluh tahun. ***

 

   

http://batampos.co.id/Internasional/Guru_ke-100_Tewas_Dibunuh_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: