Lima Tewas dalam Kebakaran Tanker di Yunani

Jumat, 25 Juli 2008 13:42 WIB

ATHENA–MI: Sedikitnya lima orang tewas dan tiga lainnya hilang dalam peristiwa kebakaran kapal tanker yang berlabuh di dekat Athena.

Menurut Kementrian Perdagangan dan Maritim Yunani, Jumat (25/7), saat peristiwa, kapal tanker Friendshipgas yang berbendera Panama namun dimiliki oleh Yunani itu tengah menjalani perbaikan sejumlah kerusakan di pelabuhan Perama dekat ibukota Athena.

Tetapi, tiba-tiba kebakaran melanda kapal pengangkut bahan bakar itu pada Kamis (24/7). Diduga peristiwa berawal dari satu insiden saat melakukan satu proses kerja pemeliharaan dan reparasi rutin .

“Satu ledakan terjadi saat proses kerja rutin pemeliharaan yang menggunakan api,” kata seorang pejabat Kementrian Perdagangan dan Maritim Yunani kepada pers.

Menurut pejabat itu, tubuh lima pekerja ditemukan di sebuah tong penyimpanan bahan bakar dan
yang lainnya ditemukan di tempat lain, termasuk seorang awak kapal berkebangsaan Filipina.

Sementara itu, tiga orang pekerja pelayanan dan reaparasi di Perama lainnya dikhawatirkan hilang berdasarkan keterangan serikat pekerja pelayanan dan reparasi Perama, keluarga dan rekan kerja mereka.

Empat orang pekertja pelayanan dan reparasi lainnya yang juga melakukan pekerjaan pemeliharaan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk ditangani masalah luka bakar dan fraktur (tulang retak) yang mereka derita.

Para petugas pemadam kebakaran melakukan upaya pemadaman serta mencegah api yang berkobar menjalar ke wilayah yang lebih luas, ke kapal-kapal lainnya dan setelah empat jam lebih akhirnya api berhasil padam.

“Kebakaran kapal tanker sangat sulit ditangani karena kapal-kapal itu selain umumnya bermuatan bahan-bahan yang mudah terbakar juga temperaturnya sangat tinggi,” kata juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Yiannis Kapakis mengatakan kepada stasiun TV Net.

Serikat pekerja seringkali menyampaikan protes mereka atas buruknya sistem keamanan saat bekerja khususnya di kapal-kapal pengangkut bahan bakar di pelabuhan itu.

“Permintaan perjalanan pengangkutan kapal bermuatan bahan bakar terus meningkat dan para pemilik kapal selalu menekan agar kapal mereka di servis dalam waktu sesingkat mungkin ,” demikian dikeluhkan oleh seorang perwakilan serikat pekerja pelayanan pemeliharaan dan servis rutin Sotiris Polikoyiannis mengatakan kepada stasiun Flash Radio. (Ant/OL-01)

http://mediaindonesia.com/


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: