Pekerja Dok Tewas, Serikat Protes

 

Saturday, 26 July 2008

ATHENA (SINDO) – Ratusan pegawai dok dermaga marah dan melakukan protes atas ledakan dan kebakaran di dok dekat Athena yang menewaskan delapan orang,kemarin.

Beberapa demonstran melemparkan batu ke arah gedung kementerian pemerintah. Insiden berawal pada Kamis (24/7) ketika para pekerja sedang sibuk melakukan perbaikan kapal tanker Friendship Gas berbendera Panama. Tak disangka, kapal itu tiba-tiba meledak dan menyebabkan delapan orang tewas, demikian diungkapkan Kementerian Perdagangan Laut.

Serikat buruh dan partai oposisi Yunani menuduh pemerintah tidak mengindahkan peringatan atas rendahnya standar keamanan di dok Perama, sekitar 20 kilometer arah barat Athena. Padahal, peringatan itu sudah berulang kali diserukan. Kementerian Perdagangan Laut mengatakan, penyelamat di Perama menemukan setidaknya tiga mayat kemarin dan masih berusaha menarik mayat-mayat itu dari reruntuhan bangkai tanker yang meledak itu.

Kementerian itu juga menyatakan tidak ada lagi pegawai dok yang belum ditemukan dan salah satu korban tewas berasal dari Filipina. Dua dari empat korban terluka tetap dirawat di rumah sakit karena sesak nafas.Dua orang anggota kru perbaikan kapal ditangkap atas dugaan tidak menjalankan standar keselamatan kerja yang baik.

Sementara, ratusan pegawai dok melakukan aksi ke kementerian itu di Piraeus untuk memprotes atas tewasnya rekan-rekan mereka dan kondisi keselamatan di dok tersebut. Polisi antihuru-hara terpaksa melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan kelompok pengunjuk rasa yang melempari gedung kementerian dengan batu dan merobohkan pagar besi gedung tersebut.

Demonstran juga merusak beberapa kendaraan kementerian. Para pegawai dok itu menyerukan mogok kerja tiga hari untuk memprotes salah satu kecelakaan terburuk yang telah terjadi di negara itu. Insiden tersebut merupakan yang kesekian kalinya terjadi di Yunani.

Pada bulan yang sama, dua orang tewas saat memperbaiki kapal di Perama.Akibatnya, para pekerja dok menggelar aksi mogok selama 24 jam. “Ini adalah kecelakaan tragis, sekali lagi ini mengonfirmasi kurangnya langkah keselamatan bagi pekerja dok yang layak,” demikian pernyataan Partai Sosialis, partai oposisi utama Yunani, kemarin.

Pemerintah mengatakan, mereka telah meningkatkan standar keselamatan kerja sejak 2006, ketika mereka memperkenalkan inspeksi harian di Perama. (AP/alvin)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/international/pekerja-dok-tewas-serikat-protes-2.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: