Ahli Senjata Kimia Al Qaeda Diyakini Tewas di Pakistan

Selasa, 29 Juli 2008 09:51 WIB

Reporter : Widhoroso

PESHAWAR–MI: Midhat Mursi al-Sayid Umar, seorang ahli senjata kimia dan biologis kelompok Al Qaeda, diyakini tewas dalan serangan udara pasukan Amerika di perbatasan Afghanistan-Pakistan. Demikian dinyatakan sebuah sumber intelijen, Senin (28/7).

Umar yang dikenal dengan nama Abu Khabab al-Masri merupakan buronan pemerintah Amerika dan kepalanya dihargai dengan lima juta dolar. Ia disebut sebagai orang yang melatih ratusan militan di perbatasan Afghanistan-Pakistan.

Diyakini, Umar merupakan salah satu korban tewas dalam serangan udara Amerika yang menghantam sebuah masjid di Warizistan Selatan. Dalam serangan itu disebutkan tiga militan Arab dan tiga bocah Pakistan tewas.

“Kami yakin ia tewas dalam serangan ini. Lokasi itu merupakan tempat persembunyiannya dan ia memang menjadui target serangan,” ujar sumber tersebut.

Dalam serangan itu, istri dan anak Umar disebut mengalami cedera. Warga setempat mengatakan, setelah serangan para korban tewas langsung dikuburkan.

Militer Pakistan sendiri belum memastikan apakah Umar memang tewas dalam serangan ini. Sebelumnya, klaim yang menyebut Umar tewas dalam serangan udara di kawasan Bajaur, Januari 2006 lalu tidak terbukti. “Kami belum menerima informasi yang pasti dari tim kami di lokasi,” ungkap juru bicara militer Pakistan, Athar Abbas.

Pemerintah Pakistan menyebut Umar telah memberikan latihan pembuatan bom kepada kelompok militan di negara tersebut. Umar juga disebut orang yang melatih Richard Reid. Warga Inggris yang dijuluki Si Pembom Sepatu karena meletakan bahan peledak di sepatunya ini, mencoba meledakan pesawat udara Desember 2001 lalu.

Umar juga menjadi pelatih di kamp Derunta milik Al Qaeda di Afghanistan tahun 1990-an. Sejak tahun 1999, Umar juga menyebarkan buku yang berisi cara membuat senjata kimia dan biologis. Beberapa buku petunjukkan berhasil disita pasukan Amerika di Afghanistan.

http://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: