Bom Bunuh Diri di Irak Tewaskan Sedikitnya 56 Orang

Selasa, 29 Juli 2008 | 00:24 WIB

BAGHDAD, SELASA-Tiga wanita melakukan serangan bom bunuh diri di tengah kerumunan peziarah Syiah di Baghdad, Senin waktu setempat, yang menewaskan sedikitnya 56 orang.

Pelaku bom bunuh diri itu melakukan aksi mereka di distrik Karrada, Baghdad, ketika peziarah sedang berjalan menuju Kadhimiyah di wilayah utara kota itu, yang menjadi lokasi peringatan Syiah pada Selasa.

“Sedikitnya 25 orang tewas dan lebih dari 70 orang cedera dalam tiga serangan bom bunuh diri yang mungkin dilakukan wanita,” kata seorang pejabat kepolisian.

Banyak orang juga cedera dalam serangan-serangan itu, yang terjadi setelah masa relatif tenang dalam kekerasan sektarian yang melanda Irak sejak Februari 2006, ketika gerilyawan meledakkan sebuah masjid Syiah di kota Samarra, Irak tengah.

Tiga serangan di Baghdad menewaskan sedikitnya 25 peziarah ketika mereka menuju sebuah tempat suci untuk melakukan acara keagamaan besar sesuai dengan kalender Syiah yang di masa silam telah ditandai dengan pertumpahan-pertumpahan darah, kata beberapa pejabat.

Sebanyak 27 orang lagi tewas dan 126 cedera dalam serangan bom bunuh diri selama pawai protes di kota minyak Kirkuk, Irak Utara, dan akibat penembakan di tengah kepanikan massa yang terjadi kemudian, kata pejabat-pejabat setempat.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/29/00243074/bom.bunuh.diri.di.irak.tewaskan.sedikitnya.56.orang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: