Dua Bom Meledak, 11 Orang Tewas

Senin, 28 Juli 2008 | 09:36 WIB

ANKARA, SENIN – Dua bom meledak secara beruntun di Istanbul, Turki, Minggu (27/7) malam, mengakibatkan sedikitnya 11 orang tewas.

Menurut laporan televisi swasta NTV, kedua bom itu meledak di kawasan perhentian bus saat di sekitar tempat itu banyak orang melewatkan akhir pekan mereka. Selain korban tewas, terdapat sekitar 30 korban luka, dan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah.

Bom pertama menimbulkan ledakan kecil di satu tempat sampah di permukiman Gungoren yang bergaya Eropa. Ledakan kedua lebih kuat dan terjadi beberapa menit kemudian dalam jarak beberapa meter saat orang-orang mulai berkumpul di tempat ledakan pertama, kata NTV.
    
Rekaman yang ditayangkan oleh NTV memperlihatkan kepanikan di tempat ledakan; banyak orang bersimbah darah dan berlarian dari tempat ledakan yang dipenuhi puing dan pecahan kaca. Beberapa kelompok petugas pemadam dan pekerja darurat dikerahkan ke tempat kejadian dan polisi membuat parameter keamanan.
    
Stasiun televisi lokal mulanya melaporkan bahwa ledakan tersebut disebabkan gas yang bocor. Pihak berwenang mengenyampingkan pendapat bahwa pemberontak kelompok terlarang Partai Pekerja Kurdistan (PKK) bertanggung jawab atas ledakan itu dan menyatakan terlalu dini untuk mengatakan siapa yang bertanggung jawab.
    
Para pejabat pemerintah dilaporkan akan mempelajari gambar yang diambil oleh kamera pengawas di dekat tempat ledakan. Banyak serangan di Istanbul dituduhkan kepada PKK, yang dipandang sebagai kelompok teroris oleh Turki dan negara Barat. Organisasi gerilyawan Kurdi tersebut telah memerangi pemerintah sejak 1984 untuk mendirikan negara merdeka bagi etnik Kurdi di bagian tenggara Turki.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/28/0936237/dua.bom.meledak.11.orang.tewas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: