Korban Tewas Bom di Istanbul Jadi 16 Orang

Senin, 28 Juli 2008 13:05 WIB

ISTANBUL–MI: Jumlah korban tewas dalam pemboman kembar di Istanbul Senin terus bertambah menjadi 16 orang, kata pemerintah, hanya beberapa jam sebelum pengadilan tinggi Turki memulai memutuskan apakah pihaknya akan menjatuhkan larangan terhadap partai yang berkuasa.

“Salah satu dari sekitar 150 orang yang cedera meninggal akibat luka-luka yang diderita di rumahsakit MInggu (27/7) malam,” kata Menteri Kesehatan Recep Akdag, seperti dikutip oleh kantor berita Anatolia.

Jumlah korban yang tewas terus meningkat, apalagi masih sekitar tujuh orang yang menderita cedera parah, kata Akdag. Ia menambahkan bahwa korban tewas termasuk anak-anak.

Bom pertama menciptakan ledakan kecil di dalam kantainer sampah di distrik Gungoren, yang kemudian menarik massa. Ledakan kedua yang jauh lebih kuat menyusul beberapa menit kemudian, hanya beberapa meter jauhnya dari ledakan pertama.

Aksi-aksi pemboman itu terjadi pada malam menjelang dimulainya pengambilan keputusan mengenai apakah penguasa hukum menjatuhkan larangan terhadap Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, yang menang mutlak dalam pemilihan legislatif setahun lampau.

Partai tersebut, berdasarkan kasus pelarangan partai Islam sebelumnya, dituduh melanggar prinsip-prinsip sekularisme yang telah diabadikan di dalam konstitusi Turki.

http://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: