Tenggak Potas,Ibu-Anak Tewas

 

Tuesday, 29 July 2008

BLITAR(SINDO) – Tragis.Seorang ibu dan anak lelakinya di Dusun Kasim RT 01/RW 08 Desa Ploso,Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar,nekat mengakhiri hidup dengan menenggak soda gembira bercampur potasium bersama- sama.

Ny Winarti, 39, dan Imron Ardiansyah, 8,pun meregang nyawa. Winarti ditemukan tewas di lantai dapur rumahnya. Sementara Imron tergeletak tak bernyawa di atas tempat tidur kamarnya. Diduga,Imron tewas lebih dahulu, baru disusul ibunya. Yang memprihatinkan, saat meninggal, Winarti sedang mengandung lima bulan.Belum diketahui pasti motif bunuh diri yang terjadi pada Minggu (27/7) malam sekitar pukul 22.00 WIB itu.

Polisi hanya menemukan dua gelas berisi soda dan selembar surat wasiat tulisan tangan Winarti di atas meja kamar. Wasiat itu ditujukan kepada Syaeroji, suaminya yang jadi TKI di Brunai Darussalam. Kemarin Syaeroji masih dalam perjalanan pulang setelah mendapat kabar musibah yang menimpa anak dan istrinya. Menurut Kapolsek Selopuro AKP Rusmin, inti surat wasiat itu adalah Winarti minta maaf kepada Syaeroji karena tidak bisa menyambut kepulangannya.

Winarti juga minta dikuburkan satu lubang dengan anaknya. “Rencana awal, Syaeroji akan pulang 24 Agustus ini. Surat itu hanya meminta permohonan maaf dan meminta dikubur bersama anak lelakinya yang diajaknya bunuh diri,” ujarnya. Menurut informasi yang dihimpun SINDO, motif bunuh diri itu diduga terkait kehamilan korban. Winarti disinyalir mengandung anak keempatnya saat Syaeroji mengais rezeki di luar negeri.Ketika mendengar Syaeroji hendak pulang, Winarti pun ketakutan.

“Diduga, motif ini ada sangkut pautnya dengan perselingkuhan. Jadi, ketika mendengar suaminya akan pulang, korban ketakutan,” tutur seorang sumber yang enggan disebut namanya. Sekadar diketahui, dari hasil pernikahannya dengan Syaeroji,Winarti dikaruniai tiga anak.

Kataud Polsek Selopuro Aiptu Eko Priyoko, salah satu penyidik kasus ini mengatakan, pertama kali tragedi ini diketahui Moh Afizan Nur Ikhmal,3,anak bungsu korban yang malam itu kebetulan tidur dengan Tomin, 75, kakeknya atau ayah kandung Winarti.Afizan yang melihat ibunya terkapar di lantai dapur membangunkan Tomin sambil menangis. “Tomin yang dibangunkan langsung menuju dapur dan melihat Winarti tidak bernyawa.

Karena tak kuat mengangkat, saksi Tomin kemudian memanggil tetangganya,” ujarnya. Malam itu juga diketahui bahwa Imron,anak kedua Winarti, juga mengalami keadaan serupa dengan ibunya.Imron tergeletak dengan mulut berbusa.Menurut Eko Priyoko, dari hasil pemeriksaan sementara, racun yang mereka tenggak dicampurkan dalam minuman soda gembira.Jenis racun itu adalah potasium yang biasa digunakan untuk membunuh ikan di sungai.

“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dari pemeriksaan sementara, racun yang digunakan adalah jenis potas. Melihat jumlahnya yangmasihbanyak, diduga keduanya tidak banyak meminumnya,”ungkapnya. Sebelum dimandikan dan disemayamkan di tempat pemakaman umum desa setempat, kedua jenazah sempat dibawa ke rumah sakit setempat untuk memastikan penyebab kematian.

“Hasil medis menyatakan,memang kematian korban dikarenakan keracunan,”tambah Priyoko. Keluarga korban baru akan menguburkan ibu dan anak itu setelah Syaeroji datang. Keluarga juga menutup diri atas musibah yang menimpa Winarti dan anaknya itu. Seorang laki-laki yang mengaku sebagai kerabat dekat minta wartawan tidak mengekspos kejadian ini.

“Mohon maaf sebelumnya, agar tidak memberitakan musibah ini,” tuturnya tanpa mau menyebutkan nama.Pria setengah baya ini membe-narkan jika Winarti dan anaknya meninggal dunia karena menenggak racun.”Kejadiannya pada Minggu (27/7) malam.Itu saja yang bisa kami katakan,” ujarnya singkat. (solichan arif)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/jawa-timur/tenggak-potas-ibu-anak-tewas.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: