30 Tewas dalam Bencana Tambang Batu Bara dan Longsor di China

Jumat, 01 Agustus 2008 10:54 WIB

BEIJING–MI: Tiga kecelakaan tambang batubaru di China menewaskan 20 orang, sementara tanah longsor mengubur sedikitnya 10 warga desa.

Kantor berita Xinhua melaporkan, Jumat (1/8), sebanyak 14 penambang tewas dalam “ledakan batubara dan gas pada Jumat dinihari di Yuzhou, bagian tengah provinsi Henan, kata Xinhua. Sebelas orang lainnya masih terperangkap.

Di tetangga provinsi Shaanxi, sebuah terowongan runtuh pada Kamis, memerangkap sembilan dari 38 penambang batubara yang saat itu sedang bekerja di dalamnya, kata Xinhua.

Tanah longsor di sebuah pertambangan di provinsi Liaoning, China timurlaut pada Rabu menewaskan enam pekerja dan menciderai satu orang lagi, katanya. Sedikitnya 10 warga desa di kabupaten Loufan, provinsi Shanxi, China utara, terkubur oleh tanah longsor pada Jumat pagi, kata Xinhua.

Serentetan bencana pertambangan terjadi pada industri batubara di China belakangan ini, yang paling mematikan di dunia, karena para pemilik tambang mendorong peningkatan produksi dengan minimnya keselamatan dalam menghadapi tingginya permintaan dan meraih untung.

Sebanyak 3.786 penambang China tewas dalam ledakan gas, banjir dan kecelakaan lainnya pada 2007, menurun 20 persen dibanding tahun 2006. (Ant/OL-2)
Media Indonesia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: