4 Orang Meninggal karena Diare

31 Juli 2008
PURBALINGGA- Serangan penyakit diare di Purbalingga cukup tinggi. Selama Januari hingga pertengahan Juli 2008 ini, 306 orang yang menderita diare dan dirawat di RSUD Purbalingga. Empat orang di antaranya meninggal.

Dirut RSUD Purbalingga didampingi Bagian Rekam Medik Endang Suwesti mengatakan, jika dibandingkan periode sama pada 2007, jumlah penderita diare hingga semester pertama 2008 mengalami penurunan. Karena pada 2007, ada 1.052 penderita diare menjalani rawat inap.

“Sebenarnya, penyakit ini tidak hanya berjangkit pada saat musim pancaroba atau perubahan musim dari hujan ke kemarau atau sebaliknya. Pada musim hujan atau kemarau pun bisa terjadi. Namun, pada saat pancaroba kecenderungan penyakit pencernaan meningkat,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dokter Dyah Retnani Basuki menjelaskan, penderita penyakit diare umumnya bertambah pada saat pergantian musim. Penderita penyakit ini kebanyakan anak-anak. Merekalah yang lebih sering mengonsumsi jajanan di pinggir jalan.

“Padahal, pada jajanan itu rawan dihinggapi berbagai macam bibit penyakit, baik yang terbawa angin maupun yang dibawa lalat. Karena itu, peran orang tua dan guru sangat penting untuk mengawasi anak-anak agar tidak membeli jajan yang dijual tanpa memakai penutup makanan,” katanya.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan orang tua untuk mengurangi terjadinya diare pada anak. Seperti, mengatur pola makan, mengurangi beli jajan, serta membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Membiasakan keluarga menjaga kebersihan dengan mencuci kedua tangan sebelum dan sesudah makan sangat dianjurkan. Apalagi di usia anak seringkali lupa jika tidak diingatkan atau dibiasakan. Namun orang tua perlu memberi contoh dan tidak hanya memberi perintah,” tuturnya.

Perubahan cara berpikir masyarakat yang kadang meremehkan suatu penyakit harus diubah. Apalagi sampai tidak peduli terhadap keluarga maupun lingkungan. Sebab, semua penyakit mempunyai potensi yang serius. Perilaku  sehat harus semakin sering ditekankan. (F10-75)

http://www.suaramerdeka.com/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: