Lagi, 22 Pemberontak Darfur Dihukum Mati

Jumat, 1 Agustus 2008 | 04:29 WIB

KHARTOUM, KAMIS  – Pengadilan Sudan, Kamis (31/7), menghukum mati lagi 22 pemberontak Darfur yang telah menyerang ibu kota pada Mei lalu. Sekitar 222 lebih orang tewas karenanya. Hukuman dari dua pengadilan khusus, yang dibentuk untuk mengadili mereka yang ditangkap dalam tindakan keras menyusul serangan 10 Mei, menambah jumlah terhukum mati. Sekarang anggota Gerakan Keadilan dan Persamaan (JEM) yang dihukum mati berjumlah 30 orang.

“Pengadilan itu menghukum mati ke-12 tertuduh itu,” kata Adam Bakr Hassab, salah satu pengacara di pengadilan khusus di Omdurman, kota kembar Khartoum, tempat pemberontak JEM melakukan serangan berdarah mereka dua bulan lalu. Hassab mengatakan, salah seorang yang dihukum mati berusia 16 tahun, hukuman yang tidak sah di Sudan tapi hakim mengira tersangka berbohong mengenai umurnya.

“Hakim membuktikan mereka bersalah atas tuduhan itu dan memberi mereka sepekan untuk naik banding atas putusan itu,” katanya. Dia menambahkan, “Ini tidak adil karena kami telah berada pada akhir pekan. Lalu kami memiliki dua hari akhir pekan. Jadi kami hanya memiliki lima hari untuk naik banding melawan putusan itu.”

Di pengadilan lainnya, di Khartoum utara, hakim Osama Osman mendapati 10 pria bersalah menurut undang-undang pidana Sudan dan perundangan antiterorisme serta merujuk kasus tiga tersangka pemberontak ke pengadilan anak-anak. “Saya menghukum Anda hingga mati dengan digantung dan Anda memiliki hak untuk naik banding akan putusan ini dalam 15 hari,” katanya.
   
Saleh Balila, salah satu pengacara, berjanji untuk naik banding terhadap putusan itu secepat mungkin, tapi tidak memberikan komentar lagi. Sudan telah mengadili puluhan tersangka karena serangan Mei, pertama kalinya bahwa beberapa dasawarsa konflik regional itu mencapai ibukota.

Pengacara berdalih bahwa pengadilan khusus tidak konstitusional dan tidak menjamin hak hukum klien mereka. Pada Selasa, delapan pria, semuanya dituduh anggota JEM, dihukum mati dalam dalam putusan pertama karena serangan itu. Mereka yang diseret ke hadapan pengadilan termasuk Abdul Aziz Ashur, komandan senior JEM dan saudara ipar pemimpin keseluruhan Khalil Ibtahim. Ashur belum dihukum.

Menurut undang-undnag Sudan, setiap hukuman mati harus disahkan oleh pengadilan banding dan pengadilan tinggi. Lalu semua surat perintah hukuman mati harus ditandatangani dan disetujui Presiden Omar al-Bashir. Penuntut pengadilan pidana internasional telah meminta penangkapan Bashir karena diduga telah memerintahkan pasukannya untuk membasmi tiga kelompok etnik di Darfur, mendalangi pembunuhan, penyiksaan, perampokan, dan penggunaan pemerkosaan untuk melakukan genosida.
   
Ketiga kelompok itu adalah Masalit, Fur, dan Zaghawa, yang merupakan suku sebagian besar anggota JEM. Dalam kunjungan ke Darfur pekan lalu, Bashir memberi amnesti kepada 89 anak yang ditangkap oleh pihak berwenang Sudan menyusul serangan JEM.
   
Lebih dari 222 orang tewas ketika pemberontak mendesak untuk melintasi lebih dari 1.000 km padang pasir luas dari wilayah Darfur di Sudan barat ke Ondurman, hanya melintasi Sungai Nil dari istana presiden. PBB mengatakan, sebanyak 300.000 orang tewas dan lebih dari 2,2 juta orang meninggalkan rumah mereka sejak konflik di Darfur meletus Februari 2003. Sudan mengatakan, hanya 10.000 orang yang tewas.
   
Perang itu mulai terjadi ketika pemberontak etnik minoritas Afrika mengangkat senjata melawan rezim Khartoum yang didominasi Arab dan milisi Arab yang didukung pemerintah. Pertempuran di salah satu tempat terpencil dan terbuang di bumi.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/01/04293097/lagi.22.pemberontak.darfur.dihukum.mati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: