Peneliti Antraks Bunuh Diri

Bruce E Ivins (62), seorang peneliti antraks, bunuh diri setelah mengetahui Departemen Kehakiman akan mengajukan dirinya ke pengadilan. Ivins yang bekerja selama 18 tahun di laboratorium keamanan di Fort Detrick, Maryland, Amerika Serikat, dituduh menebar teror antraks yang menghebohkan beberapa pekan setelah tragedi 11 September 2001.

Menurut Los Angeles Times, laboratorium tersebut termasuk yang sedang diselidiki oleh pihak berwenang terkait dengan serangan antraks yang telah menewaskan lima orang dan 17 orang lainnya sakit.

Serbuk antraks dikirim ke beberapa anggota Kongres di Capitol Hill, dan sejumlah personel media di New York dan Florida, beberapa pekan setelah serangan teroris 2001 itu. Korbannya antara lain petugas pos dan mereka yang terkena kontak dengan virus antraks.

Mengetahui dirinya jadi sasaran, Ivins meminum cairan tylenol yang dicampur dengan kodein dalam jumlah berlebih. Nyawanya tak tertolong. Ia meninggal dunia di Frederick Memorial Hospital, Maryland, Adik Ivins, Tom Ivins, mendapat informasi bahwa Bruce melakukan aksi bunuh diri dengan minum cairan obat sampai melebihi dosis.

Henry S Heine, salah seorang rekan Ivins, mengatakan ia dan beberapa peneliti telah bersaksi di hadapan tim juri yang menyelidiki kasus antraks ini lebih setahun. Bulan lalu ilmuwan lain di laboratorium Fort Detrick, Steven Hatfill, juga diperiksa oleh Biro Penyelidik Federal (FBI) dalam kaitan serangan antraks. Namun, keterlibatan Hartfill dikesampingkan dan penyelidikan kian mengarah ke jejak Ivins.

Ivins membuat beberapa penelitian tentang antraks. Salah satunya tentang penanganan antraks yang terhirup ke saluran pernafasan dan dipublikasikan pada 7 Juli di jurnal Antimicrobial Agents and Chemotherapy. [AP/Y-2]

http://www.suarapembaruan.com/News/2008/08/02/index.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: