Empat Penggali Tanah Liat Tewas Terkubur

Selasa, 5 Agustus 2008 | 01:06 WIB

Blitar, Kompas – Empat penggali tanah liat di Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, ditemukan tewas terkubur longsoran tebing tanah yang mereka gali untuk bahan baku industri batu bata dan genteng, Senin (4/8) sore. Semua korban terkubur hidup- hidup pada kedalaman 2,5 meter.

Dua korban di antaranya adalah kakak beradik Samai (34) dan Saiput Nova (18). Dua korban lainnya adalah Siswoyo (25) dan Fredi (14). Keempatnya tinggal di lingkungan RT 3/2, Desa Pojok, Kecamatan Garum, sekitar 500 meter dari lokasi kejadian.

Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Garum Ajun Komisaris Mukhtar mengatakan, menurut saksi mata bernama Sugito (59), yang juga pemilik lahan galian, kejadian itu berlangsung cepat. Tebing yang digali tiba-tiba runtuh dan tanah runtuhannya menimpa keempat pekerja itu.

Sugito dan beberapa tetangganya sudah mencoba menggali timbunan tanah yang menimbun keempat korban. Namun, penggalian itu akhirnya terpaksa diberhentikan karena takut terjadi longsor susulan.

“Kondisi tebing sangat mengkhawatirkan. Penggalian pun dihentikan. Warga kemudian melaporkan kejadian itu ke Markas Polsek Garum. Evakuasi korban baru berhasil dilakukan pada malam hari,” kata Mukhtar.

Berdasarkan penyelidikan polisi, peristiwa itu murni kecelakaan dan tak ada unsur kesengajaan. Karena itu, lokasi penggalian tanah liat ditutup sementara.

Hutan lindung

Dari Manado, Sulawesi Utara, dilaporkan, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone di Kabupaten Bolaang Mongondow hingga kini terus digarap sekitar 5.000 penambang emas liar. Akibatnya, hutan lindung semakin rusak dan air yang menjadi sumber pengairan 32.000 hektar sawah di Dumoga tercemar. (NIK/zal)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/08/05/01065278/empat.penggali.tanah.liat.tewas.terkubur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: