Napi Rutan Tewas Mendadak

 

Tuesday, 05 August 2008

PURWOREJO (SINDO) – Nara pidana (napi) kasus penipuan Mochamad Syamsurizal, 50,tewas di perjalanan ke rumah sakit dari Rumah Tahanan (Rutan) Purworejo kemarin.

Penyebab kematian dia belum diketahui,namun diyakini akibat komplikasi penyakit. Kematian warga Jalan Dimas IX 11-12 Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, ini kontan menggegerkan penghuni rutan.Mereka tidak mengira nasib nahas bakal menghampiri Mochamad Syamsurizal.

Di saat menjalani hukuman akibat perbuatannya dia harus meninggal dalam rutan. Berdasarkan data yang dihimpun SINDO, kematian Syamsurizal berawal saat tiba-tiba dia sekarat di ruang jeruji di sel blok C. Mengetahui hal itu, petugas yang sedang berjaga langsung membawa warga Jalan Dimas IX 11-12 Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang,Kota Semarang,ini ke RSUD Saras Husada Purworejo.

Namun, sebelum sampai di rumah sakit yang jaraknya sekitar 2 KM,ajal menjemputnya. Dokter jaga RSUD Zakiyatun kepada wartawan menjelaskan, dari hasil visum ditemukan ada luka baru di kening bagian kanan akibat benturan benda tumpul. Namun, dia tidak berani me-mastikan apakah luka akibat benda tumpul itu sebagai penyebab meninggalnya Syamsurizal.

“Kami tidak bisa membeberkan kecuali ada permintaan dari aparat kepolisian untuk kepentingan penyidikan,” kata dr Zakiyah kemarin. Muncul dugaan, penyebab kematian pria yang juga memiliki alamat di RT 05/ RW 01 Kelurahan Mranti, Kabupaten Purworejo tersebut mati karena dianiaya. Saat dikonfirmasi, Kepala Rutan Purworejo Winduarto membantah dugaan itu.

Dia menegaskan, korban tewas akibat penyakit komplikasi yang diderita sejak lama.Saat dijebloskan ke Rutan Purworejo, korban sudah menderita penyakit komplikasi. Sekitar satu bulan korban sempat dirawat inap di rumah sakit. Setelah itu, diizinkan pulang dan hanya cukup berobat jalan.

“Tidak ada penganiayaan dalam rutan. Saya sudah menginstruksikan agar tidak ada tindakan represif dari petugas,” katanya.Menurutnya, Jumat(1/8) lalukesehatankorban sempat drop.Setelah dirujuk ke rumah sakit,kondisinya membaik. (abdul malik mubarak)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/jawa-tengah-diy/napi-rutan-tewas-mendadak-2.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: