Rio Alex Bullo Dinyatakan Tewas Pukul 00.10

Jumat, 8 Agustus 2008 | 02:31 WIB – Laporan Wartawan Kompas Madina Nusrat

PURWOKERTO, JUMAT – Terpidana mati kasus pembunuhan berantai Rio Alex Bullo (30) menghembuskan napas terakhirnya di hadapan 12 orang anggota regu tembak yang mengeksekusinya di Dusun Cipendoh, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jumat (8/8).

Eksekusi terhadap pembunuh sadis ini dilaksanakan tepat pukul 00.00, dan 15 menit kemudian Rio dinyatakan tewas. Hal ini diungkapkan Asisten Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Monang Pardede, saat memberikan keterangan pers di Purwokerto.

Monang menerangkan, seluruh proses eksekusi memakan waktu selama 15 menit, mulai dari tiba di lokasi hingga akhir penembakan. Eksekusi diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Kemudian, Monang membacakan berita acara pelaksanaan eksekusi. Setelah itu Rio lantas diikatkan pada sebuah tiang, dalam posisi berdiri tegak. Tak lama berselang, 12 penembak melaksanakan eksekusi tersebut. “Dia dinyatakan meninggal pada pukul 24.10,” kata Monang.

Monang mengakui, pelaksanaan eksekusi malam ini lebih lama sekitar 10 jam dari batas waktu pelaksanaan eksekusi yakni 3×24 jam sejak penandatanganan berita acara. Berita acara ditandatangani pada Senin (4/8) pukul 14.00, maka seharusnya, eksekusi dilaksanakan sebelum pukul 14.00, Kamis (7/8).  Namun, demi mencari suasana yang lebih tenang maka eksekusi dilakukan pada malam ini.

Saat berita ini diturunkan, proses otopsi di Rumah Sakit Margono Sukarjo masih berlangsung di bawah pimpinan dr. Hermono.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/08/0231493/rio.alex.bullo.dinyatakan.tewas.pukul.00.10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: