Prancis Kirim Menlu Untuk Upayakan Perdamaian Rusia-Georgia

Paris, (ANTARA News) – Prancis mengumumkan Sabtu bahwa negara itu akan mengirim Menteri Luar Negeri Bernard Kouchner dalam misi untuk berupaya mengakhiri konflik Rusia-Georgia soal Ossetia Selatan.

Prancis adalah presiden Uni Eropa sekarang ini dan negara itu juga mengumumkan bahwa pertemuan para menteri luar negeri EU akan diadakan di Paris awal pekan depan.

Kantor Presiden Nicolas Sarkozy mengumumkan dalam satu pernyataan bahwa ia telah memerintahkan Menlunya “untuk pergi secepat mungkin ke wilayah tersebut guna mengusulkan pada pihak-pihak yang terkait beberapa hal untuk keluar dari krisis itu”.

Rencana itu berdasar pada “penghentian segera permusuhan, penghormatan penuh atas kedaulatan dan integritas wilayah Georgia, ditegakkannya kembali keadaan yang ada sebelumnya”, kata pernyataan tersebut.

Rusia telah mengirim tentara ke Ossetia Selatan dan melancarkan serangan di Georgia, setelah Georgia melancarkan serangan militer untuk berupaya merebut kembali kekuasaannya atas provinsi yang memisahkan diri itu.(*)

COPYRIGHT © 2008 ANTARA – PubDate: 10/08/08 07:36

http://www.antara.co.id/arc/2008/8/10/prancis-kirim-menlu-untuk-upayakan-perdamaian-rusia-georgia/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: