2.000 Warga Rusia Tewas

 

Sunday, 10 August 2008

RUSIA menyatakan korban tewas dalam konflik di South Ossetia mencapai 2.000 jiwa. Sedangkan Georgia menyatakan jumlah korban tewas hanya 92 orang.

Pengumuman jumlah korban tewas itu diungkapkan kedua negara kemarin, setelah tiga hari perang di South Ossetia.Tampak jelas, Moskow memberikan jumlah korban tewas lebih besar dibandingkan Tbilisi. “Perang itu menewaskan 92 orang warga Georgia, termasuk 40 warga sipil,” ungkap Menteri Kesehatan Georgia Alexander Kvitashvili.

Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan klaim Menteri Luar Negeri Georgia Eka
Tkeshelashvili pada Sabtu (9/8) bahwa perang itu menewaskan 150 orang warga Georgia, termasuk 40 warga sipil. Namun, di Moskow, pejabat Rusia menyebutkan ada sedikitnya 2.000 korban tewas, sebagian besar merupakan warga Rusia yang terbunuh di South Ossetia.

“Jumlah korban tewas itu merupakan sebuah tragedi.Lebih dari 2.000 orang tewas,sebagian besar dari mereka merupakan penduduk Ossetia berkewarganegaraan Rusia,” tandas Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Karasin seperti dikutip kantor berita ITAR-TASS. Sementara itu, ratusan orang pemegang kewarganegaraan asing yang terjebak dalam konflik di Georgia mulai dievakuasi ke negara tetangga Armenia dan Turki.

Proses evakuasi dilakukan dengan pesawat milik Pemerintah Polandia. Pesawat milik Polandia itu kemarin tiba di Yerevan, Ibu Kota Armenia, untuk mengumpulkan sekitar 180 warga asing yang menunggu dievakuasi. Mereka telah menyelesaikan 260 kilometer perjalanan melintasi laut dari Kedutaan Polandia di Tbilisi. “Sebagian besar merupakan penduduk Polandia atau keturunan Polandia.

Ada juga warga Republik Ceko dan Estonia,”ungkap seorang pejabat konsulat.Menurut data kementerian luar negeri,ada sekitar 300 warga keturunan Polandia di Georgia. Setelah melakukan evakuasi ke Warsawa kemarin malam, pesawat itu akan kembali ke Kota Trabzon di Laut Hitam,Turki, 500 kilometer ke barat(AFP/AP/Rtr/syarifudin) .

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/international/2.000-warga-rusia-tewas-2.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: