46 Tewas dalam Pertempuran Terbaru di Sri Lanka

Senin, 11 Agustus 2008 10:15 WIB

KOLOMBO–MI: Pasukan keamanan Sri Lanka meningkatkan serangan terhadap pemberontak Macan Tamil di wilayah utara pulau itu, menyebabkan sedikitnya 44 gerilyawan dan dua orang dari pihak pemerintah tewas.

Para pejabat militer setempat, Senin (11/8), mengatakan tentara pemerintah merangsek maju ke wilayah yang dikuasai Pembebasan Macan Tamil Eelam (LTTE) di sedikitnya tiga garis depan di wilayah Wanni, Minggu (10/8).

Mereka mengatakan 10 tentara juga cedera dalam pertempuran yang berkecamuk Minggu. Namun, tidak segera bisa didapat komentar dari Macan Tamil mengenai klaim jumlah korban tewas pihak militer.

Korban tewas jumlahnya kian meningkat di kalangan pemberontak di tangan pasukan pemerintah, menjadi 5.745 sejak Januari lalu, sedangkan dari pihak militer 522 tewas dalam pertempuran pada periode yang sama, menurut angka korban pada kementerian pertahanan.

Pemerintah telah mengucurkan US$1,5 miliar dalam perang yang telah berlangsung selama bertahun-tahun ini, yang sekarang dikonsentrasikan untuk menghancurkan negara de facto LTTE di wilayah utara.

Kolombo telah menarik diri dari gencatan senjata dengan LTTE pada Januari lalu, dan mengatakan bahwa pihaknya telah angkat tangan dalam konflik yang telah berlangsung lama itu, yang diklaim telah merenggut puluhan ribu jiwa sejak 1972.

Macan Tamil berperang untuk mendirikan negara merdeka bagi suku minoritas Tamil, di negara pulau Sri Lanka yang mayoritas penduduknya dari suku Sinhala. (Ant/OL-01)

http://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: