Pesawat AMA Jatuh

[JAYAPURA] Pesawat milik penerbangan Aviation Mision Advent (AMA) jenis PC.60 dengan nomor register penerbangan PK-RCZ, diterbangkan pilot Davve Claffer kelahiran Amerika Serikat (AS), Sabtu (9/8) sekitar pukul 11.10 WIT hilang di sekitar Taipe 2 Distrik Dundu, Kabupaten Tolikara, Papua. Proses evakuasi masih dilakukan pada Senin (11/8) pagi.

Saat dilakukan pencarian oleh Hely Mission, posisi pesawat berada di sebelah barat Dundu. Kondisi pesawat hancur berkeping-keping dan kondisi pilot Davve Claffer terjepit dan sudah tak bernyawa.

Pesawat naas itu mengangkut sejumlah bahan pokok dengan berat 60 kilogram (kg). Berdasarkan informasi yang diperoleh, pesawat AMA sehari-harinya barpangkalan di Wamena, Jayawijaya, berangkat dari distrik Taive, sekitar pukul 11.00 WIT, setelah berada di pertengahaan antara Distrik Taive dan Ndundu, pesawat kehilangan kontak.

Setelah itu, pihak maskapai penerbangan di Wamena dan Jayapura melakukan pencarian menggunakan helikopter, namun upaya tersebut sia-sia, karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Pesawat sekitar pukul 11.16 WIT hilang kontak radio dengan pihak AMA. Ini diketahui dari hubungan radio yang didapat perwakilan AMA di Wamena saat sang pilot melaporkan terakhir keberadaanya, ujar pimpinan AMA perwakilan Wamena, Yanto, Senin (11/8) pagi.

Sebelum hilang kontak, diketahui pesawat berencana menuju Tayai, masih di wilayah Kabupaten Tolikara. Untuk mengetahui keberadaan pesawat, pihaknya terus mencoba menghubungi sang pilot melalui alat komunikasi. Bahkan pihaknya juga meminta bantuan penerbangan lain untuk melacak keberadaan pesawat tersebut.

Salah satu penerbangan yang turut membantu keberadaan tersebut, Hely Mission akhirnya berhasil menangkap posisi pesawat melalui signal dari pesawat tersebut, di mana pesawat tersebut berada di sebelah barat Dundu.

Dari pantauan udara oleh pihak Hely Mission, kondisi pesawat sudah berkeping-keping. Sedangkan sang pilot, Davve Claffer, didapati terjepit dan sudah tak bernyawa. Sedangkan penyebab jatuhnya pesawat hingga saat ini belum diketahui. [154]

Last modified: 10/8/08

http://www.suarapembaruan.com/News/2008/08/11/index.html

2 Responses to “Pesawat AMA Jatuh”

  1. Pak Dav adalah seorang hamba Tuhan yang teramat sangat mengasihi orang Indonesia mulai dari Bandung, Jawa Barat pada saat mulai belajar Bahasa Indonesia dengan saya dan sampai menolong orang-orang miskin di Bandung dan Ciwidey dan di Irian Jaya. Darah saudaraku yang terkasih Dav sudah tercurah untuk orang papua di Irian jaya karena cinta Tuhan Yesus yang dimilikinya yaitu rela mengorbankan nyawanya untuk sesama manusia karena Tuhan Yesus Kristus sudah lebih dulu memberi teladan kepada setiap orang percaya di dunia yang akan kiamat ini.
    God in Jesus Christ is taking care of you Beth, Judah, Tirzah, Natalie, Victoria and Jasmine. Uncle Samuel Situmorang from Medan.

  2. Jesus Christ The Lord is The Model for sacrifice LOVE.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: