Tentara Rusia Semakin Dekati Ibukota Georgia

Selasa, 12 Agustus 2008 | 00:14 WIB

TBILISI, SENIN-Invasi tentara Rusia ke dalam wilayah Georgia semakin luas. Kabar terakhir, Senin (11/8), menyebutkan, pasukan infanteri Rusia yang didukung tank serta kendaraan tempur lainnya, telah menguasai Gori, sebuah kota yang hanya berjarak 60 km dari ibukota Georgia, Tbilisi.

Semakin dekatnya tentara Rusia membuat Pemerintah Georgia mengeluarkan pernyataan resmi yang intinya akan menarik seluruh tentara masuk ke Tbilisi, ibukota Georgia. Seluruh tentara akan diinstruksikan mempertahankan Tbilisi dari invasi tentara Rusia.

“Saat invasi Angkatan Darat Rusia sudah memasuki wilayah Georgia jauh dari wilayah konflik di Abkhazia dan Ossetia Selatan. Angkatan Darat Georgia ditarik mundur untuk mempertahankan ibukota negara,” demikian pernyataan Pemerintah Georgia.

Semakin dekatnya kehadiran tentara Rusia ke Tbilisi memunculkan spekulasi bahwa Rusia ingin menumbangkan pemerintahan yang sah di Georgia.

Sementara itu tekanan dunia internasional belum mampu meredakan ketegangan. Kecaman internasional tidak membuat Rusia menghentian agresinya. Namun, upaya untuk mencari titik temu dalam pertikaian itu sudah mulai dirintis. Duta Besar Rusia untuk NATO Dmitry Rogozin telah dijadwalkan untuk bertemu dengan pejabat NATO guna mencari solusi.

“Misi Rusia untuk NATO memutuskan mengusulkan penyelenggaraan pertemuan luar bias Dewan NATO-Rusia. Kami menekankan bahwa sebelum NATO menyampaikan pernyataan, mereka perlu melakukan pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menemukan fakta,” ungkap Rogozin.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/12/00144354/tentara.rusia.semakin.dekati.ibukota.georgia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: