Bus Nyelonong ke Warung, Satu Tewas

Sabtu, 20 September 2008 | 06:53 WIB

SLEMAN, SABTU – Diduga sopir ngantuk dan melaju dengan kecepatan tinggi, bus PO Sumber Kencono W 6477 FU jurusan Surabaya-Yogyakarta, alami kecelakaan di Jalan Solo Km 10, Maguwoharjo, Sleman, Provinsi DIY, Sabtu (20/9). Akibatnya, seorang pengguna jalan yang diketahui bernama Anjar (55) warga Serut, Kalitirto, Brebah, Sleman, meninggal.

Menurut keterangan warga di lokasi, sopir bus yang membawa kurang dari 10 penumpang, tidak bisa mengendalikan kendaraannya saat melaju di tikungan Glogol. Akibatnya, bus yang dari arah Surabaya menabrak tiang baliho dan pagar pertokoan sepanjang sekitar 40 meter yang ada di sisi kiri jalan. Kejadian berlangsung sekitar pukul 04.10 WIB.

Setelah menabrak, Bus sempat keluar dari badan jalan dan masuk ke halaman pertokoan yang permukaannya lebih rendah. Saat itulah, sopir diperkirakan membanting stir ke arah kanan. Karena masih dalam kecepatan tinggi, bus akhirnya naik lagi ke badan jalan, menabrak Anjar, serta melompati devider dan menabrak pohon kecil yang ada di atasnya.

Bus kemudian menyelonong masuk halaman Rumah Makan Padang Murah Meriah, menyerempet papan baliho, dan akhirnya berhenti setelah menabrak 6 sepeda motor milik pembeli yang tengah dipakir dan emperan rumah makan, di antaranya bernomor polisi AD 6406 L, AB 2181 BN, AB 5879 QA, AB 5750 GK, AB 3119 EI.

Waktu itu ada belasan orang yang sedang membeli nasi buat sahur. Mereka langsung lari lari berhamburan begitu tahu ada bus mau masuk ke warung, ujar Intan, salah satu pelayan. Begitu berhenti, kaca bus sempat dilempari batu oleh warga. Sopir yang saat ini tengah diamankan polisi, juga sempat mendapat pukulan dari warga.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Sleman Ajun Komisaris Sulistyo W mengatakan pihaknya belum memintai keterangan awak bus. Perkiraan sopir sedikit mengantuk saat melewati jalan menikung.

Defri Werdiono

 

http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/20/06533454/bus.nyelonong.ke.warung.satu.tewas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: