Siapa dan Apa

Hari Jumat didalam bulan puasa beberapa tahun lalu. Siang hari dan saat itu kendaraan yang saya kendarai dalam kecepatan tinggi. Kebetulan suasana lalulintas saat itupun tidak padat […mungkin karena bertepatan dengan waktu ibadah Jumat…]. Tiba-tiba pandangan saya dikejutkan oleh satu arak-arakan panjang pengantar jenazah. Berapa panjangnya?, mungkin tak bisa diceritakan, begitu panjangnya hingga semua kendaraan yang melintas berhenti untuk waktu yang cukup lama. Kurang lebih setengah jam.

Karena kendaraan saya berada pada barisan terdepan maka semua kejadian saat itu benar-benar tidak terlewatkan dari pandangan. Mulai dari barisan paling depan dengan keranda yang diusung banyak orang, hingga ujung akhir dari seluruh arak-arakan tersebut.

Begitu arak-arakan itu selesai melintas, sayapun meneruskan perjalanan dengan tujuan pulang kerumah yang memang sudah tidak begitu jauh lagi jaraknya dari pemakaman yang saya yakin dituju oleh arak-arakan tadi.

Selama perjalanan menuju kerumah, begitu banyak pertanyaan yang timbul dipikiran. Awalnya adalah : siapakah yang meninggal? Alasannya; ada beberapa tanda kemuliaan dan kebesaran Tuhan yang saya jumpai disana.

Hari Jumat, bulan puasa dan diantar menuju peristirahatan terakhir dengan berjalan kaki. Mungkin masih ada lainnya, namun saya tidak lagi memperhatikan selain itu. Kejadian itu membawa saya pada suasana hening hingga malam. Tuhan sudah memberikan pelajaran yang berharga hari itu.

Pertanyaan berikutnya; amal apakah yang sudah dikerjakan oleh orang tersebut semasa hidupnya? Karena begitu indah kejadian akhir hidupnya.

Meneteslah airmata saya satu persatu saat kesadaran mulai merebak didalam pikiran mengenai diri sendiri. Segera kusujudkan hati dan pikiranku padaNya. Memohon ampun dan pengampunannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: